Wow, Robot Jadi Saksi Nikah

, by Unknown

Negara Jepang memang sudah terkenal akan kemajuan teknologinya, terutama di bidang robotik. Banyak robot produksi Jepang yang sudah beredar luas di pasaran, diantaranya robot anjing, robot mainan, hingga robot tokoh kartun Hello Kitty.

http://www.mediaindonesia.com/public/gallery/large/2010_05_16_02_17_52_rob-03b.jpg

Robot-robot tersebut kebanyakan diproduksi untuk membantu pemiliknya mengerjakan tugas-tugas rumah sederhana atau bisa pula dijadikan sebagai teman bermain anak-anak. Namun, pernahkah terpikir oleh Anda bahwa robot juga dapat berperan sebagai saksi pernikahan?

Sebuah robot bernama I-Fairy kemarin (16/5) menjadi saksi pernikahan Tomohiro Shibata (42) dan Satoko Inoue (36) di sebuah restoran di kawasan Hibiya Park, Tokyo. Sang robot yang berukuran 1,5 meter tersebut mempersilakan Shibata untuk mencium Inoue setelah keduanya mengucapkan janji nikah dan dinyatakan sebagai suami-istri. I-Fairy merupakan robot pertama yang memimpin upacara pernikahan, seperti yang dilansir Xinhua (17/5).


Spoiler for I-Fairy:
http://i.okezone.com/content/2009/08/26/56/251520/tNW7pUHhrk.jpg


“Ini sangat menyenangkan. Kurasa banyak orang Jepang juga berpendapat bahwa robot dapat dijadikan teman. Orang-orang yang bekerja di industri robotik mengerti akan hal ini, tapi banyak pula yang masih saja menggunakan robot untuk melayani mereka,” ujar Inoue, yang bekerja di Kokoro, perusahaan robotik yang menciptakan I-Fairy.


http://bahtiar2385.files.wordpress.com/2009/01/mahru-dan-ahra-robot-kembar-milik-korea-selatan1.jpg?w=298&h=224

“Akan lebih menyenangkan lagi kalau robot ini didesain lebih cerdas, tapi I-Fairy sudah cukup baik mengekspresikan dirinya dalam acara ini,” kata Shibata, seorang profesor robotik di Institut Sains dan Teknologi Nara, Jepang.


Saat ini I-Fairy dipasarkan dengan harga 6,3 juta Yen atau setara dengan USD 68.000. Menurut Kayako Kido, jurubicara perusahaan Kokoro, sudah ada 3 negara yang memiliki robot ini yaitu Singapura, Amerika Serikat, dan Jepang.(*mar/xin/z)



http://matanews.com/wp-content/uploads/Robot-I-Fairy.JPG


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4136995

0 komentar :

Posting Komentar